pagerank 3
Komunitas Pagerank 3 - Menurut Wikipedia PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.
Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.
Banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunaan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.
PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.
Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek.

Algoritma

Dari pendekatan yang sudah dijelaskan pada artikel konsep pagerank, Lawrence Page and Sergey Brin membuat algoritma pagerank seperti di bawah:
Algoritma awal
PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Salah satu algoritma lain yang dipublikasikan
PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
  • PR(A) adalah Pagerank halaman A
  • PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
  • C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
  • d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
  • N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindeks oleh Google)
Dari algoritma di atas dapat dilihat bahwa pagerank ditentukan untuk setiap halaman anda bukan keseluruhan situs web. Pagerank sebuah halaman ditentukan dari pagerank halaman yang mengacu kepadanya yang juga menjalani proses penentuan pagerank dengan cara yang sama, jadi proses ini akan berulang sampai ditemukan hasil yang tepat.
Akan tetapi pagerank halaman A tidak langsung diberikan kepada halaman yang dituju, akan tetapi sebelumnya dibagi dengan jumlah link yang ada pada halaman T1 (outbound link), dan pagerank itu akan dibagi rata kepada setiap link yang ada pada halaman tersebut. Demikian juga dengan setiap halaman lain “Tn” yang mengacu ke halaman “A”.
Setelah semua pagerank yang didapat dari halaman-halaman lain yang mengacu ke halaman “A” dijumlahkan, nilai itu kemudian dikalikan dengan damping factor yang bernilai antara 0 sampai 1. Hal ini dilakukan agar tidak keseluruhan nilai pagerank halaman T didistribusikan ke halaman A.
up pagerank


Nah, jika agan2 tertarik untuk saling tukar link dengan komunitas pagerank 3, maka otomatis akan semakin cepat PR web/blog agan2 sekalian mengalami peningkatan. Dan khusus untuk artikel ini, saya mengundang para master sekalian yang mempunyai web/blog ber PR 3 atau diatasnya silahkan gabung dan berjuang bersama2 membangun web/blog kita untuk bisa menjadi lebih berkualitas, seo friendly, dan tentunya cetar membahana..hehehe
Langsung aja gan pasang homepage ane http://thejeo.blogspot.com PR 3 ke homepage agan2 yang mempunyai PR 3 atau diatasnya.. kalau sudah terpasang di homepage konfirmasi dengan cara cukup komen di artikel ini, maka secepatnya ane akan pasang homepage agan (PR 3/diatasnya) ke dalam homepage ane...maaf banget untuk para master yg webnya belum terindex PR nya belum bisa gabung, tp jangan khawatir, ane pasti sediain komunitas pagerank 1-2 next time... :)

Sekian untuk ulasan tentang Komunitas PageRank 3, semoga agan2 master nyasar ke artikel ane dan mau gabung untuk bersama2 membangun web/blog yang berkualitas.. sekian dari saya.. salam seo indonesia :)



4 komentar:

  1. Aryanto hadi wicaksono4:13 PM

    terima kasih atas informasinya bro. Aku juga punya sedikit informasi yaitu
    Cara Maling Backlink Blog Orang Lain selengkapnya silahkan cek

    BalasHapus
  2. Setelah saya pelajari akhirnya saya mengerti apa arti pagerank.

    BalasHapus
  3. Makasih mas atas infonya..sangat membantu nie yang baru mengel blog..salam kenal mas..!!

    BalasHapus
  4. mantab sekali tutorialnya gan .. makasih ya pencerahannya

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar terbaik anda dan mohon untuk tidak memasukkan link di dalam form komentar.

Salam.
Admin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...