Cara Mengatasi Bb Nuked (lampu kedip) - ReferensiBisnis.com

7 Mar 2012

Cara Mengatasi Bb Nuked (lampu kedip)

nuked (lampu kedip)
Nuked atau bricked atau mati suri pada sebuah BlackBerry adalah keadaan di mana perangkat booting, mati lagi, LED menyala, booting lagi dan terus berulang, dan tidak berhasil menjalankan OS. Paling tidak itu yang saya alami. Penyebabnya adalah… saya tidak tahu. Saat itu Blackberry sedang dalam kondisi charging 95%, saya buka BlackBerry Messenger (BBM) kemudian hang begitu saja. Sempat juga menduga penyebab nuked tiba-tiba ini adalah penggunaan leaked OS 5.0.0.348 untuk Gemini. Yah namanya juga leaked OS kan…. by : macberry cell Lantai 4 blok e no 319 itc cempaka mas no hp : 02199552730/081239397730
Saya coba copot baterai, diamkan sejenak lalu pasang lagi ternyata hasilnya sama saja. Saya ulangi kembali sambil juga mencopot memory dan SIM card namun tetap tidak berhasil. Sampai di situ baru saya ambil kesimpulan bahwa GenTa (Gemini sang Taurus, panggilan manja BlackBerry saya) mati suri.
Cara untuk mengatasinya sebagai berikut:
Software yang diperlukan:
- BlackBerry Desktop Manager (saya menggunakan DM versi 5.0.1)
- OS yang ingin diinstal di BlackBerry
DM dan OS BlackBerry bisa unduh di Antihackerlink.or.id
Langkah-langkahnya:
- jangan panik, sambil tak lupa berdoa
- instal OS di komputer kemudian restart komputer
- setelah restart, hapus file vendor.xml di folder C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader
- copot baterai
- sambungkan kabel USB ke komputer dan belum terhubung ke BlackBerry
- jalankan Loader.exe yang ada di dalam folder AppLoader, seperti vendor.xml yang tadi dihapus
- akan muncul tampilan seperti gambar 1, klik Next
Gambar 1
- pada gambar 2 BlackBerry belum terhubung di box Connection terlihat kosong
Gambar 2
- colokkan kabel USB ke BlackBerry, saat sudah terdeteksi dan muncul tulisan USB-PIN: UNKNOWN segera klik tombol Next (gambar 3) dan pasang baterai kembali. Bila gagal artinya handheld sudah terdeteksi dan tidak bisa melanjutkan instalasi OS. Ulangi langkah ini
Gambar 3
- kemudian akan muncul menu berikutnya, gunakan pilihan yang bawah (Replace the device’s applications with the older version provided by the BlackBerry Desktop Software), klik Next
Gambar 4
- jalani proses instalasi OS seperti biasa
- mestinya BlackBerry sudah bisa booting dan normal kembali
Secara umum mestinya solusi di atas sama saja bila menggunakan DM versi berapapun atau handheld BlackBerry jenis apapun. Kebetulan karena saya cuma punya BlackBerry Curve 8520 jadi ya itu saja yang kebetulan saya alami dan contohkan di sini untuk mengatasi penyakit nuked ini. Versi OS akhirnya saya putuskan untuk downgrade ke versi OS 5.0.0.238. Sama-sama leaked OS sih, tapi sepertinya versi 238 lebih stabil. Dan GenTa normal kembali.
from : www.caplang.net

Share with your friends

2 komentar

Silahkan tinggalkan komentar terbaik anda dan mohon untuk tidak memasukkan link di dalam form komentar.

Salam.
Admin

Baja Ringan Semarang